OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Prasi

Prasi adalah lukisan dan gambar - gambar dalam naskah lontar. Di Bali, naskah lontar tidak hanya berupa aksara atau tulisan, tetapi juga naskah gambar yang disebut prasi dalam pesan abadi selembar ron tal yang sebagaimana disebutkan, sementara di daerah lain umumnya naskah lontar hanya berupa aksara.

Seni lukis prasi merupakan salah satu karya seni rupa tradisional Bali, termasuk warisan seni budaya nenek moyang yang memiliki nilai estetika tinggi dan mempunyai karakteristik tersendiri yang dalam Proses Pembuatan Prasi sebagaimana disebutkan oleh Drs. I Nyoman Wiwana, dosen PS Seni Rupa Murni,
  • Bahan dasar terbuat dari daun lontar yang sampai sekarang masih tetap dilestarikan yang dalam
  • Seni lukis prasi yang terbuat dari daun lontar dengan gambar ilustrasi wayang di dalamnya, merupakan transpormasi dari naskah/kitab sastra, seperti: kakawin, kidung dan sebagainya, yang ditulis atau digambar dengan menggunakan pisau khusus yang disebut pangrupak.
Untuk menyingkap rahasia maupun kekhususan dari cara pembuatan lukisan prasi, harus dikaji dan dicermati proses keseluruhan, mulai dari menyiapkan/pengolahan bahan baku, peralatan yang dipakai, teknik menulis pada daun lontar (teknik menggambar)penulisan sampai pewarnaannya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekar Madya