OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sanatana Dharma

Sanatana Dharma adalah jalan abadi dan kebenaran dharma sejati yang bersumber dari Sang Hyang Widhi, yaitu suatu kebenaran yang abadi berdasarkan atas kitab suci weda yang sebagaimana disebutkan belajar dan pembelajaran adalah yadnya yang dalam kutipan Mantram Hindutersebut dijelaskan bahwa
Weda sebagai panduan hidup manusia sepanjang zaman karena Hyang Widhi telah mewahyukannya untuk diikuti oleh seluruh umat manusia.
Sehingga untuk menjadi yang utama, manusia hendaknya menempuh jalan hidup yang ilmiah. Jalan hidup ilmiah hanya dapat diperoleh melalui proses belajar dan pembelajaran untuk dapat meningkatkan kecerdasan.
Siapapun dan dalam kondisi apapun dapat menjadi seorang Hindu Dharma dan mempraktekkan serta mendapatkan manfaat dari pengajaran Veda yang akan memberi keuntungan dalam berbagai cara.
Maka dari itu sebagaimana dijelaskan pula bahwa salah satu aspek Sanatana Dharma yang merupakan hakekat abadi dari jiwa / atman yang meliputi semua mahluk khususnya dalam diri manusia terjadilah proses belajar dan pembelajaran yang sifatnya universal, tidak membedakan waktu, tempat, budaya, agama, ras, usia, suku bangsa, gender, dll karena dunia ini selalu terdapat rwa bhineda yang selalu mewarnai kehidupan ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekar Madya