OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Upanisad

Kitab Upanisad adalah ajaran filsafat sebagai bagian dari Weda Sruti yang dahulu berkembang pada periode upanisad (± 800 SM-600 SM) berdasarkan hasil tapa brata samadhi oleh para brahmana untuk dapat menemukan Panca Sradha yang dalam sumber kutipan Weda, Upanisad ini disebutkan berisikankan :
Kitab-kitab brahmana ini digolongkan ke dalam Karma Kandha sedangkan kitab-kitab Upanishad digolonglan ke dalam Jnana Kanda.

Dalam salah satu komentar forum diskusi jaringan hindu nusantara, Tuhan / Brahmandi upanisad disebutkan dalam 2 bentuk. 
  • Nirguna; tidak berbentuk dan Saguna; berbentuk, 
  • Kala; abadi dan Akala; tidak abadi.
Disebutkan pula dalam Maitriya Upanisad 6.15 dan dalam Bhagawad Gita 11.32,Kreshna sebagai awatara memiliki Kala / Waktu Hidup, jadi Kreshna itu pun tidak abadi.

Sebagai tambahan, 
  • Yoga Nidra bersumber dari Upanisad yang diperuntukkan bagi para sadhaka dalam merealisasikan atau mewujudkan kesucian dharma pada dirinya.
  • Dalam Isa Upanisad disebutkan 
sesungguhnya apa yang ada di dunia ini,
yang berjiwa ataupun yang tidak berjiwa,
dikendalikan oleh Yang Maha Esa
 (bermanifestasi beraneka menjadi Bhatara - Bhatari (Dewa Dewi) dalam sifat yang eka dan aneka)
  • Dia yang tanpa permulaan atau akhir dalam Maitri Upanisad juga disebutkan;
    • tidak bisa diukur, tanpa tanda-tanda, tanpa bentuk, dengan kekuatan yang tidak habis-habisnya, pencipta, pencipta sinar (yang menyinari).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekar Madya