OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Cakra

Cakra adalah perlambang perputaran alam semesta dan hidup atau windu (simbol kekosongan yang murni/ananda) yang sebagaimana dijelaskan dalam penggunaan tamas pada sebuah banten pejati dimana perputaran cakra tersebut juga telah diamanatkan dalam “Bhagawad Gita” sebagai perputaran Cakra Yadnya yaitu :
yang dalam hubungan antara prana, nadi, dan sapta cakra dalam tubuh manusia merupakan sarana untuk meningkatkan hidup kebatinan dan keilahian.

Dan kisah tentang cakra dalam kemenangan dharma juga diceritakan :
  • Konon dikisahkan, dengan bersenjatakan cakra, Sang Hyang Wisnu berwujud Badawang (Kurma) yang amat menakutkan berperang melawan Watugunung, seorang manusia yang amat berdosa untuk menyelamatkan alam ini.
"Bagaikan gelombang laut yang murka, bergetarlah dunia ini, sehingga menyebabkan para dewa sibuk bertanya". 
Sang Hyang Siwa pun berkata kepada para dewa : ”Hai anakku semua, apakah kiranya yang terjadi sehingga  terjadi getaran - getaran yang hebat itu”.
    • Pendek cerita, lalu keluarlah api yang amat hebat dari kurma perwujudan Hyang Wisnu, disemburlah si Watugunung, dibelit oleh bajra ditikam dengan cakra.
    • Akhirnya kalahlah sang Watugunung, tembus dadanya. Berkatalah sang Watugunung: ”Ih Hyang Wisnu sekarang  matilah aku dengan marahnya lalu mengatakan, aku tidak akan henti-hentinya bermusuhan dengan dirimu, sampai kepada penjelmaanku yang  ketujuh aku tidak akan melupakan hal ini.
  • Demikian juga senjata Cakra milik Krishna diceritakan oleh indoamaterasu, yaitu sebagai berikut :
    • Konon cakra tersebut berupa piringan berbentuk gerigi yang memutar dan berwarna kuning keemasan. 
      • Senjata tersebut mampu menyerap senjata musuh, bahkan senjata sekaliber Dewa Indra berhasil diserapnya. 
      • Diceritakan juga saat Krishna melerai pertarungan antara Arjuna dan Dewa Indra, Cakra Baskara mampu menyerap panah Arjuna dan Bajra milik Dewa Indra.
Demikianlah cakra tersebut dijelaskan sebagai simbol perputaran kemenangan hidup yang menjadi pedoman agar kita selalu dapat menegakan dharma kebaikan di alam ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekar Madya