OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Bade

Bade atau juga disebut wadah adalah sarana religius dalam upacara ngaben yang digunakan untuk membawa sawa atau jenasah ke setra untuk melakukan proses sementara dalam hal upacara sawa wedana khususnya dalam upacara ngaben di Bali.

Bentuk bangunan wadah/bade ini di hiasi oleh beragam ornamen Bali yang dalam dominasi ornamen patra punggel pada bangunan wadah/bade disebutkan dibagi menjadi tiga bagian yaitu :
  • Bagian kepala, 
  • Bagian badan, dan 
  • Bagian kaki 
Hiasan patra punggel pada bangunan bade yang dapat memberikan nilai artistik dari segi reringgitan dan kerumitan serta kesan yang angker dan magis dalam prosesi kematian sebagai jalan yang tidak bisa kita hindari.  

Secara keseluruhan disebutkan pula bahwa bangunan wadah/bade yang dihiasi patra - patra punggel akan memberikan kesan keagungan.

Juga seperti halnya dalam pepalihan wadah, Bacem dengan tujuh bagian dan tiap-tiap bagian terdiri atas dua pepalihan wayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekar Madya