OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Manuskrip

Manuskrip adalah naskah kuno oleh para manu untuk mengajarkan dharma sastra pertama kepada umat manusia pada permulaan penciptaan dunia ini.

Sebagai salah satu warisan kebudayaan nenek moyang kita yang bernilai cukup penting, dimana dalam konservasi manuskrip yang tersimpan dalam Perpustakaan Nasional Republik Indonesia disebutkan bahwa :
Di seluruh Indonesia diketahui banyak terdapat naskah kuno yang ditulis dalam berbagai aksara dan bahasa namun disebutkan :
Sebagian besar naskah masih tersimpan atau dimiliki masyarakat awam.
Sebagian lagi terdapat di lembaga-lembaga pusat dan daerah, serta lembaga-lembaga adat.
Lontar juga disebutkan adalah salah satu bentuk naskah kuno (manuskrip) yang ada di nusantara yang banyak ditemukan di pulau Bali, 
tetapi beberapa ditemukan di Jawa, Sulawesi (disebut lontara), dan di Lombok. Lontar dipakai sebagai alat tulis menulis pada saat itu sebelum orang mengenal kertas.
Sebagai dokumentasi budaya masa lampau disebutkan lontar merupakan benda yang sangat bernilai. Isi yang terkandung dalam manuskrip lontar begitu bermanfaat seperti tentang mantra, keagamaan, pengetahuan tentang astronomi dan astrologi (wariga), pengobatan tradisional (usada), prosa, kekawin, kidung, sejarah, cerita-cerita, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekar Madya