OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sthula Sarira

Sthula (stula sarira; annamaya kosha) adalah lapisan kasar badan manusia secara fisik sebagaimana yang kita lihat secara kasat mata saat ini.
Tersusun dari sari-sari makanan dan terdiri dari lima elemen dasar materi dari panca maha bhuta [yang merupakan salah satu bagian dari Tri Sarira yang membungkus sang atman].
Lapisan badan / sarira ini adalah yang paling kasar. Badan ini penting karena kita butuhkan sebagai wahana bagi evolusi bathin kita di alam material (lahir sebagai manusia).
Tapi badan ini juga sifatnya sangat sementara dan sangat palsu (sangat tidak identik dengan realitas diri kita yang sejati). 
Karena itu banyak guru yang memberi nasehat : sadari kalau diri kita yang sejati bukanlah badan ini.
  • WUJUD : Tubuh kita yang telanjang, sebagaimana saat kita pertama kali dilahirkan ke dunia ini.
  • PRALINA : ketika kita mati badan fisik ini otomatis terurai.
  • DIHALUSKAN DENGAN Yoga yaitu : Yoga Asana atau Hatha Yoga.


    Stula sarira dengan enam lapisan sad kosa inilah yang sebagaimana pula disebutkan membungkus atman manusia sehingga diperlukan pensucian, pembersihan dan pemeliharaan.
    Dengan upacara Pagedong - Gedongan disebutkan sthula sarira ini disucikan pertama kali sejak tercipta sebagai manusia.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sekar Madya